Zuraida99's Blog

heroes

Posted on: Juli 26, 2009

Kali ini yang dibahas bukan Heroes serial televisi yang ada Hiro Nakamura dkk yang punya kekuatan super itu, tapi Heroes yang bener-bener ada di dunia sekitar kita yang bener-bener telah melakukan sesuatu yang bikin orang lain selamat.

heroes

Hal ini terpikir setelah lihat Kick Andy yang menayangkan episode wawancara dengan Heroes yang telah melakukan hal keroik.

Pertama adalah Pak Bambang yang seorang Pegawai Dinas Pariwisata Bali pada peristiwa Bom Bali I pada September 2002. Beliau adalah salah satu orang yang berjasa besar dalam evakuasi korban yang telah menewaskan lebih dari 200 orang tersebut.

Dimulai setelah beliau merasakan guncangan hebat yang sampai ke rumahnya, awalnya dikira berasal dari bandara  yang hanya berjarak 2,5 km dari rumahnya. Tetapi setelah melihat kearah bandara dan tidak ada tanda-tanda mencurigakan, berpalinglah beliau ke arah lain dan terlihatlah asap yang membumbung tinggi disertai kobaran api dari Legian. Dengan tanpa menunda waktu beliau berangkat ke Legian berkendara sepeda. Sesampainya disana, terlihat banyak sekali korban yang masih berlarian dengan badan yang kadang masih terbungkus api. Beliau langsung turun tangan mengevakuasi korban. Dengan langkah pasti dan juga didampingi beberapa warga lain, para korban dibawa ke tempat yang aman dan kemudian diangkut ke rumah sakit.

Kegiatan itu berlangsung 15 menit setelah bom meledak yaitu pukul 11.23 malam sampai dengan pukul 10.00 keesokan harinya. Dengan jangka waktu yang amat panjang tersebut hamper 11 jam beliau dan teman-teman sama sekali tidak memperhatikan diri mereka sendiri tanpa makan selama itu dan bahu membahu  untuk mengevakuasi korban.

Dengan bantuan Pak Bambang dan kawan-kawan yang turun tangan langsung dalam evakuasi tersebut telah banyak nyawa yang tertolong sehingga menghindari jatuh korban yang lebih banyak lagi.

Hal ini merupakan sesuatu yang amat menakjubkan yang merupakan contok kejadian heroik. Suatu perilaku yang amat bernilai dan berharga yang ada dalam diri seorang manusia yang telah melakukan kebaikan bagi orang lain.

Selanjutnya, seorang polisi di Mamasa, Musrifan (semoga gak salah ya nyebut namanya..^_^.., koreksi ya kalo salah). Bermula dari kejadian pada Maret 2009 lalu saat sang POlisi pulang dari bertugas dan melihat ada kebakaran. Langsung saja dia mendekati tempat kejadian dan meletakkan motor yang dikendarainya tadi. Pada satu rumah di tempat itu ada seorang kakek yang minta tolong dan dia langsung menghampirinya dan menolong meskipun rumah itu dipenuhi dengan kobaran api yang masing menyala hebat.

Setelah menolong kakek itu ternyata di dalam rumah masih ada anak kecil yang masih terjebak dalam kobaran api, langsung saja sang polisi kembali ke dalam rumah. Setelah sampai di teras ternyata ada kabel listrik yang putus dan akan jatuh ke rumah itu dan ditendanglah kabel itu menjauh. Sengatan listrikpun tak pelak mengalir ke tubuhnya yang membuat dia terpental. Setelah terkena sengatan listrik dan masih sadar, ternyata hal lain menyusul terjadi. Atap rumah dan bagian rumah lain roboh dan menimpanya.

Hal ini membuatnya pingsan dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Kejadian berikutnya yaitu sang polisi mengalami koma selama 11 hari karena mengalami luka bakar sekita 75 persen pada tubuhnya. Dan alhamdulillah saat ini sang polisi telah keluar dari masa kritis dan telah kembali bertugas.

Cerita ketiga yaitu berasal dari Jepang (tepatnya lupa nama tempatnya, kalu gak salah di ulai Honshu). Seorang pemuda 21 tahun dari Jawa Barat yang sedang magang disana sebagai bagian dari sekolah pelayarannya bernama Endang (terusannya lupa juga …maap ya…^_^v). Saat jalan-jalan di pantai di sore hari sewaktu liburan, dia melihat ada dua orang pelajar SMP Jepang yang tenggelam di pantai yang saat itu sedang berombak besar.

Dengan sigapnya di terjun ke air untuk menyelamatkan kedua siswa tersebut. Dengan jarak 60 meter dari bibir pantai dia membawa siswa tersebut ke daratan. Dan malangnya, setelah itu datanglah ombak besar yang menyeretnya kebali ke tengah laut yang menyebabkan dia tenggelam tanpa bisa mengendalikan badannya.

Hal tersebut sontak membuat warga khawatir sampai dipanggilnya tim SAR untuk mencarinya. Setelah selama beberapa waktu, tubuhnya belum juga ditemukan, meskipun pada suatu waktu terlihat bayangan tubuhnya tetapi karena air laut yang ganas menghilangkan jejaknya lagi. Maka meninggallah Endang. Innalillahi wainna ilaihi roji’un.

Ketiga orang tersebut merupakan contoh nyata sebagai orang yang disebut pahlawan. Meskipun Pak Bambang bener-bener gak mau kalo dibilang pahlawan karena menurut beliau, hal yang dilakukannya merupakan hal manusiawi yang pasti akan dilakukan setiap orang apabila menghadapi situaasi yang sama.

Sungguh, hal itu merupakan tindakan yang membuat pihak-pihak yang terselamatkan merupakan suatu berah dan anugerah yang tiada terhingga besarnya. Dengan tulus dan tanpa tendensi apapun beliau-beliau ini menyelamatkan orang-orang yang bahkan mereka pun tak mengenalnya. Sungguh suatu cerita nyata yang amat menyentuh dan patut dijadikan contoh.

Hal-hal itu juga mendatangkan hal lain yaitu bagi Pak Bambang yang masuk majalah Time dan dijadikan sebagai Heroes, tetapi menolak untuk menghadiri acara pemberian penghargaan di Jepang karena mengharap agar dirinya tidak sombong karena itu. Subhanallah, betapa Engkau telah menjadikan hati seseorang baik sekaligus ingin menjaganya agar tetap rendah hati..Subhanallah.

Bagi Keluarga Endang yang telah kehilangan putra tercintanya, Ayah dan Ibunya mengihlaskannya dan menyampaikan bahwa Beliau berdua bangga mempunyai putra yang rela menyelamatkan orang lain yang meskipun pada akhirnya nyawanya sendiri tidak terselamatkan.

Pesan yang disampaikan Pak Bambang sebagai akhir wawancara juga merupakan sesuatu yang bisa menjadi contoh bagi kita semua, “Apabila melihat orang lain yang mengalami kesulitan, coba posisikan apa yang dialami orang tersebut sedang dialami keluarga anda, insyaAllah dengan begitu akan timbul rasa ingin menolong yang timbul dalam diri anda”.

Semoga kita bisa menjadikan cerita-cerita itu sebagai hal yang menginspirasi kita agar bisa menjadi priibadi yang lebih baik dan bisa menolong orang lain. Dan bagi orang-orang yang kehilangan anggota keluarga saat menolong orang lain, semoga diberi kekuatan dan ketabahan. Amiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coretanku…

...masih belajar...

kalender

Juli 2009
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: