Zuraida99's Blog

Huruf Jawa alias Aksara Jawa

Posted on: Juni 12, 2009

Huruf  jawa alias aksara jawa adalah huruf yang digunakan pada zaman dahulu, meskipun menurut ahli sejarah bahwa antara huruf jawa yang dipelajari di sekolah sekarang tidak sama dengan huruf yang dipake pada zaman dahulu (ato mungkin maksudnya yang dipake di zaman dulu tu huruf sansekerta kali ya???…hehehe….tanya ke ahlinya!!..loh.).

Tapi yang jelas, di pelajaran Bahasa Daerah tu tentu aja yang ada tu Bahasa Jawa, soalnya daerahnya Jawa si…hehe. Tapi di Jawa pun ada beberapa macem bahasa daerah juga si, antara lain Sunda. Btw, bahasa sunda tuh ada aksara sundanya gak ya???…hmm…

Yup, Huruf Jawa atau yang sering disebut Aksara Jawa tu dimulai dengan “hanacaraka” , atau lengkapnya kalo disebutin seluruhnya tu bunyinya jadi “hanacaraka datasawala padajayanya magabatanga”, yang tentu saja itu cuma huruf pokoknya aja, belum lagi tambahan yang berupa “wulu”, “pepet”, “taling”, adeg2” dan lain sebagainya yang bikin huruf2 itu jadi beda bacanya, yang tentu saja itu buat bikin kata2 yang ada akhirannya, ada bunyi macem2 pula…dst.

Tapi karena aku hanya dapet pelajaran Bahasa Daerah cuman waktu SD aja (SMP gak daept coz siswanya dari banyak daerah si, kalo ada pasti perlu guru buanyak…hehehe….), dan di SMA juga gak ada pula…hhmm…????

Karena keterbatasan pengetahuan yang didapat, akhirnya, jadilah aku sekarang gak bisa baca Aksara Jawa L …huhuhu… (padahal orang jawa tulen nih, malu banget deh kalo gak bisa baca). Kayak kejadian pas ada taplak meja bertuliskan aksara Jawa, udah nyoba sekuat tenaga buaat baca tu huruf sampe (sampe menggali ingatan yang paling dalam…heheh…), tetep aja kagak bisa baca, padahal tulisannya tuh bacanya “Mojokerto”, nah lho, itupun setelah tanya ama Bapak2 yang ada disitu..hehe.

Akankah ini terjadi terus, akankah aksara jawa juga tidak lagi bisa dibaca oleh generasi selanjutnya???? PR besar ya buat kita semua sebagai orang Jawa (waduh, padahal sekarang aku sendiri belom bisa baca ni, gimana ya???…hmmm).

Ayoooo…belajaarrrr!!!!!!!!!…^_^

huruf jawa

huruf jawa

pelengkap huruf jawatambahan lagihuruf jawa lagi

About these ads

10 Tanggapan to "Huruf Jawa alias Aksara Jawa"

dear zuraida,

mau tanya kalo nama ku di ganti dgn huruf jawa kuno bisa ga?

dear caroline…

sebenernya sejarah huruf kuno ini juga aku kurang tau, dan sepertinya kalau misalnya ingin memakainya juga tidak apa2 (seperti kalau kita ingin menulis nama kita memakai katakana atau kanji, maupun huruf arab..^_^)

jadi kalo misalnya ingin nama anda ditulis dengan huruf jawa ini yaitu “caroline” yang tentu saja cara bacanya jadi “karolin” sehingga tulisannya disesuaikan dengan cara bacanya (ini menyangkut terbacanya huruf jawa tersebut bila telah disusun) atau bisa juga ditulis dengan huruf asli yang sesuai dengan nama anda yang tentu saja nanti membacanya sesuai dengan dulisan (“ca” tetap dibaca “ca”)

kalau menulis “karolin” bisa menuliskan kata dengan langkah menuliskan :
1. “ka”
2. “ra” yang ditambah dengan pelengkap huruf “taling tarung” (nomor empat dalam daftar pelengkap huruf )
3. “la” ditambahkan “wulu” diatasnya trus ditambahi “paten” belakangnya.
jadilah “karolin”

Kalo ingin menulis “caroline” , langkah-langkahnya adalah :
1. “ca”
2. “ra” yang ditambah dengan pelengkap huruf “taling tarung” (nomor empat dalam daftar pelengkap huruf )
3. “la” ditambah “wulu” diatasnya
4. “na” ditambah “taling”
jika itu digabungkan jadilah “caroline”..

kurang lebih seperti itu….^_^
bagaimana menurut anda???

kalo nama ku diganti jadi nya gimana??

Dear caroline
Mau nanya neh gmana cara penulisan aksara jawa untuk ‘♥ Mâí®â ♥.makasih yah

wadduuhhh….
masih blom ngeri neeech….
susah yaaa… :(

Emang agak susah si kalo gak biasa, tapi kalo udah belajar nanti pasti bisa. S

wadduuhhh….
masih blom ngerti neeech….
susah yaaa… :(

bisa gak kasih program untuk pengetikan kusus huruf jawa,,,,,,

Wah, maaf, aku juga gak tau. Belum pernah ngetik aksara jawa pake kompie jg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Coretanku…

...masih belajar...

kalender

Juni 2009
S S R K J S M
    Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Twitter Terbaru

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: